Lokawisata Baturaden dan Sekitar Baturraden

lokawisata baturaden
Baturaden merupakan sebuah tempat wisata yang letaknya ada di lereng gunung Slamet. Untuk mencapai lokasi ini anda akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari kota Purwokerto dengan menggunakan kendaraan. Di objek wisata yang terletak 640 meter di atas permukaan laut ini, anda dapat menikmati indahnya pemandangan yang ada serta suasana udara pegunungan yang sejuk.

Tempat wisata Baturaden di Jawa Tengah ini terkenal sebagai wisata alam menarik untuk dikunjungi. Loka wisata Baturaden terletak di tepat di kaki Gunung Slamet, sebuah gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Kondisi ini membuat udara di kawasan wisat Baturaden menjadi sangat sejuk, cenderung akan menjadi dingin di saat malam hari. Ditopang dengan panorama alam yang begitu indah, tempat wisata Baturaden telah menjelma menjadi sebuah tempat wisata Jawa Tengah yang populer.

Berada di objek wisata Baturaden akan membuat Anda dapat menyaksikan kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, serta sejumlah pantai berpanorama indah di Cilacap. Tidak hanya itu, sejumlah objek wisata yang dapat Anda nikmati di antaranya adalah mengunjungi Taman Bitanin.

Taman Bitanin di Baturaden adalah taman yang memiliki sejumlah tanaman dan bunga yang tergolong langka, misalnya bunga Havana, Daun Dewa, Antarium Lipstick, Palem Paris, dan Widoro Laut.

Pernahkan Anda mendengan legenda rakyat dalam kisah Lutung Kasarung yang terkenal itu? Legenda Lutung Kasarung adalah cerita rakyat yang berangkat dari keadaan di Baturaden. Itulah sebab mengapa legenda Lutung Kasarung menjadi bagian yang tak terpisahkan dari wisata Baturaden di Jawa Tengah.

Di tempat wisata Baturaden juga terdapat tempat pemandian air panas, ini mungkin sesuatu yang Anda ingin kunjungi. Jika demikian, maka Anda dapat mengunjungi Pancuran Pitu untuk menikmati pemandian air panas Baturaden. Suhu air di Pancuran Pitu ini berkisar antara 60 hingga 70 derajat Celcius.

Tidak hanya sekedar mandi air panas saja, objek wisata di Baturaden juga diyakini mampu menyembuhkan penyakit melalui terapi air panas. Untuk keperluan terapi penyembuhan ini, maka Anda dapat mengunjungi Pancuran Telu yang berada di dalam kawasan wisata Baturaden.

Selain pemandian air panas di Baturaden, Anda dapat mengunjungi lokasi perkemahan yang ada di sana. Jika Anda ingin bermalam di Baturaden, maka Anda dapat mendirikan tenda-tenda di Wana Wisata.

Wana Wisata Baturaden ini merupakan hutan alam hijau yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau teman-teman Anda.

Wisata Taman Kaloka Widya Mandala, Baturaden


Lokasi Wana Wisata ini berjarak sekitar 2 km dari Baturaden. Tentu saja ini jarak yang tidak jauh untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Jika Anda ingin melihat kolam sumber air murni yang ada di loka wisata Baturaden, maka Anda dapat mengunjungi Telaga Sunyi.

Tidak hanya itu saja, Anda mungkin akan tertarik untuk datang ke Taman Kaloka Widya Mandala. Taman ini adalah kebun binatang di Baturaden serta juga terdapat museum di sana untuk menyimpan kerangka satwa khas Indonesia. Jika Anda pergi dalam rombongan keluarga atau teman-teman ke taman ini, maka itu tentu akan menjadi pengalaman wisata yang menyenangkan.

Jika Anda ingin mengetahui wisata budaya yang ada di kawasan wisata Baturaden ini, maka cobalah datang di bulan pertama dalam kalender tahun Islam.

Anda akan dapat menyaksikan Grebeg Syura, sebuah acara yang telah menjadi tradisi masyarakat setempat. Juga, ada pertunjukan musik Calung, tari tradisional Lengger, pertunjukan Kuda Lumping yang beraroma mistis, serta kegiatan mengunjungi situs-situs suci, lazimnya adalah kuburan yang disebut juga sebagai kenduren oleh masyarakat di sana. Inilah salah satu pesona tempat wisata di Jawa Tengah.

Sumber : initempatwisata.com

0 Response to "Lokawisata Baturaden dan Sekitar Baturraden"

Post a Comment