Benih Bibit Durian Bawor Hasil Kreasi Pak Sarno Kemranjen Banyumas, Rasanya "nylekamin"

Benih Bibit Durian Bawor ternyata adalah hasil kreasi warga asli Banyumas. Beliau adalah Bapak Sarno Ahmad Darsono, alamat lengkapnya adalah Desa Alasmalang RT 05 RW 07, Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Bagi warga Banyumas sayang sekali kalau belum mencicipi rasa durian bawor yang "nylekamin".

Kisah Penemuan Bibit Durian Bawor

Benih Bibit Durian Bawor Banyumas
Pak Sarno dan Durian Bawor
Bapak Sarno Ahmad Darsono atau lebih terkenal dipanggil Pak Sarno sejak kecil memang sudah kenal dengan durian. Sewaktu beliau masih kecil sering mengikuti ayahnya mencari buah durian yang berkualitas dari kebun ke kebun untuk dijual. Dari pengalamannya itulah sampai-sampai Pak Sarno punya kemampuan mengetahui kualitas durian yang berkualitas hanya dengan memegangnya. Dengan memegang beliau bisa mengetahui apakah durian tersebut sudah matang atau belum, berapa ketebalan buahnya atau tebal dan tipis kulitnya. Dengan menggunakan indera penciumannya juga beliau bisa menilai buahnya buket atau tidak. buket maksudnya adalah manis berlemak dan beralkohol apa tidak, inilah rasa durian yang nylekamin.

Karena keahliannya itu, dalam diri Pak Sarno timbul keinginan untuk menciptakan satu varietas unggul buah durian yang merupakan gabungan dari beberapa jenis benih durian yang berkualitas. Dari literatur yang dibaca oleh Pak Sarno akhirnya menemukan cara agar benih durian berkualitas tergabung menjadi satu jenis unggulan, yaitu dengan cara okulasi. Dengan menggabungkan pohon durian tersebut satu persatu. Pada akhirnya Pak Sarno berhasil menggabungkan jenis durian dari 20 jenis menjadi satu jenis unggulan yang diberi nama Durian Bhineka Bawor.

Keunggulan Durian Bawor

Keunggulan durian bawor asli Banyumas adalah sebagai berikut:
  • Buahnya memiliki ukuran yang besar rata-rata 4-5 kg/buah. Bahkan yang paling besar bisa mencapai 15 kg/buah.
  • Rasanya nylekamin, manis legit pahit.
  • Daging buah tebal dan berbiji kempes.
  • Warna dagingnya menarik yaitu kuning dan oranye.
  • Buahnya tahan lama bisa sampai 5-7 hari setelah matang di pohon.
  • Pohonnya cepat berbuah.
  • Pohonnya kokoh, lebih tahan terhadap cuaca dan kering, dan lebih tahan terhadap hama dan penyakit.
Buat anda yang ingin berkunjung ke Banyumas silakan mengunjungi dan merasakan sendiri nikmatnya makan buah durian Bawor asli hasil kreasi Pak Sarno. Rasanya benar-benar nylekamin. Saat ini sudah banyak sekali pengunjung  yang datang selain menikmati rasanya buah durian Bawor juga untuk membeli benih atau bibit durian Bawor.

Apabila anda merasa informasi ini bermanfaat, silakan dishare ya untuk saudara-saudara anda yang akan berkunjung ke Banyumas. Terimakasih.

0 Response to "Benih Bibit Durian Bawor Hasil Kreasi Pak Sarno Kemranjen Banyumas, Rasanya "nylekamin""

Post a Comment